MANFAAT KASUR DECUBICTUS DAN KEGUNAANNYA BAGI PASIEN!!

0

Dekubitus( Bedsores ) adalah kerusakan/kematian kulit yang terjadi akibat gangguan aliran darah setempat dan iritasi pada kulit yang menutupi tulang yang menonjol, dimana kulit tersebut mendapatkan tekanan dari tempat tidur, kursi roda, gips, pembidaian atau benda keras lainnya dalam jangka waktu yang lama.Bagian tubuh yang sering mengalamiulkus dekubitusadalah bagian dimana terdapat penonjolan tulang, yaitu bagian siku, tumit, pinggul, pergelangan kaki, bahu, punggung dan kepala bagian belakang.

Untuk mengatasi penyakit tersebut, dibutuhkan kasur khusus yang dapat membantu perawatan pasien agar jaringan lunak pada bagian tubuh tertentu tidak tertekan secara terus menerus dalam waktu lama. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan kasur decubitus. Lalu apa sebenarnya manfaat kasur decubitus bagi kesehatan dan perawatan pasien? Penggunaan kasur decubitus memiliki beberapa manfaat, terutama bagi perawatan dan proses pemulihan pasien yang diharuskan berbaring dalam waktu lama di atas tempat tidur serta memerlukan perawatan yang intensif. Beberapa manfaat kasur decubitus diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Membantu menyembuhkan gangguan penyakit yang dirasakan melalui penekanan syarat tulang belakang.
  2. Meminimalisir dan mencegah terjadinya luka decubitus pada bagian tubuh pasien yang tertekan akibat berbaring dalam waktu lama.
  3. Mengobati luka decubitus pada bagian tubuh pasien yang tertekan akibat berbaring dalam waktu lama.
  4. Mempercepat penyembuhan luka decubitus pada bagian tubuh pasien yang tertekan akibat berbaring dalam waktu lama.

Cara Menggunakan Kasur Decubitus:

  1. Tempatkan matras di bingkai tempat tidur dengan ujung selang di bagian kaki tempat tidur.
  2. Kemudian, gunakan pengait pada kompresor untuk menggantungkan pompa di ujung tempat tidur. Anda juga dapat menggunakan atau meletakkan pompa di permukaan datar dan halus di sekitar tempat tidur.
  3. Setelah itu, hubungkan selang udara dari matras ke pompa udara.
  4. Selanjutnya, hubungkan kabel daya atau kabel power pompa ke stop kontak. Pastikan kabel daya berada di tempat dan posisi yang aman dan jauh dari kemungkinan bahaya.
  5. Hidupkan daya pada saklar panel kontrol pompa.
  6. Atur tekanan kasur decubitus hingga maksimal dengan memutar kontrol pada pompa. Tunggu dan diamkan hingga matras mengembang.
  7. Setelah setelah matras mengembang, Anda dapat menyesuaikan tekanan matras dengan menggunakan kontrol tekanan pada pompa.

Berikut adalah ciri-ciri luka pada pasien tirah baring menurut tahap kemunculannya :
Tahap 1 : Kemerahan muncul pada kulit atau terjadi perubahan warna kulit yang bervariasi. Selain itu, kulit mungkin terasa hangat, nyeri, dan agak keras ketika disentuh.
Tahap 2 : Muncul luka pada permukaan kulit dengan warna kulit pink-kemerahan, bisa juga disertai dengan lepuhan.
Tahap 3 : Lukanya sudah semakin dalam, bisa juga disertai nanah.
Tahap 4 : Luka yang muncul mungkin sudah sangat dalam, hingga merusak otot dan tulang. Mungkin sampai terbentuk jaringan mati kulit berwarna kehitaman.
Tahap Akhir : Luka berwarna kuning atau hijau dengan lapisan cokelat nanah di atasnya. Pada tahap ini jika lapisan bersifat basah, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Nesco decubictus matras memberikan pertolongan dan manfaat yang premium untuk pasien yang memerlukannya, dengan garansi 2 tahun dan service yang cepat, dapatkan produk kami melalui web resmi dan platform ecommerce.

Leave a Comment

X

Your Shopping cart

Close