0

Diperkirakan terdapat 1,13 miliar orang yang menderita kondisi ini. Bahkan, hanya 1 dari 5 penderita hipertensi yang dapat mengatasi serta menjaga tekanan darah normal. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mulai rutin melakukan pengecekan tekanan darah agar mendapatkan manfaat yang lebih. Lantas, apa saja manfaat dan pentingnya cek tekanan darah secara rutin untuk kesehatan Anda? Hipertensi sering disebut sebagai silent killer alias pembunuh diam-diam. Pasalnya, hipertensi kerap tidak menunjukkan gejala pada penderitanya, tetapi bisa berujung fatal.

Menurut data World Hypertension League (WHL), lebih dari 50% penduduk di seluruh dunia (jumlahnya kira-kira 1 miliar) tak menyadari bahwa dirinya memiliki tekanan darah tinggi. Banyak orang yang jarang mengecek tekanan darah, sehingga tak tahu bahwa dirinya memiliki hipertensi. Bahkan, tidak sedikit pula yang belum menyadari pentingnya manfaat cek tekanan darah dalam tubuh kita. Semakin tinggi tekanan darah, semakin besar pula peluang Anda untuk terserang berbagai macam penyakit dan masalah kesehatan. Jika tekanan darah Anda meningkat, pembuluh arteri dan jantung Anda akan menegang. Melakukan cek tekanan darah dengan rutin adalah hal yang harus dilakukan setiap orang. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan manfaat, yaitu mengetahui kondisi kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda, dari hasil cek tekanan darah. Ketika Anda cek tekanan darah, akan ada dua angka yang tertera pada hasil, yaitu sistolik yang ada di atas dan diastolik yaitu angka di bagian bawah.

a. Sistolik adalah tekanan yang dihasilkan ketika jantung berkontraksi dan mendorong darah ke pembuluh arteri. Saat ini terjadi, darah akan mengalir ke seluruh bagian tubuh.

b. Diastolik adalah tekanan yang terjadi ketika jantung beristirahat. Ketika beristirahat, jantung akan mendapatkan darah yang kaya oksigen dari paru-paru.

Hasil cek tekanan darah sistolik maupun diastolik harus dipastikan dalam kisaran angka yang normal, jika tidak maka menandakan bahwa jantung Anda bekerja terlalu keras atau bahkan melambat.

Banyak orang yang enggan melakukan cek tekanan darah secara rutin. Padahal, cek tekanan darah begitu penting untuk mengetahui gangguan pada tekanan darah yang bisa menimbulkan beragam penyakit berbahaya. Anda disarankan untuk melakukan cek tekanan darah secara rutin setidaknya setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali, baik dengan tensimeter di rumah atau dengan memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya, tekanan darah tinggi sering kali tidak bergejala dan hanya bisa terdeteksi ketika seseorang menjalani pemeriksaan tekanan darah. Seperti yang telah diungkap di atas, setiap orang perlu untuk melakukan cek tekanan darah secara rutin. Hanya saja, pada menderita tekanan darah tinggi (hipertensi) atau orang berisiko tinggi terkena penyakit tersebut, perlu melakukan cek tekanan darah lebih sering. Selain beberapa kondisi di atas, risiko untuk alami tekanan darah tinggi juga bisa meningkat jika Anda mengalami gangguan kesehatan tertentu, misalnya penyakit jantung atau diabetes. Oleh karena itu, penting untuk melakukan cek kesehatan secara berkala, termasuk cek tekanan darah secara rutin.

Leave a Comment

X

Your Shopping cart

Close